Sunday, September 16, 2018

Bayar Tarif Tol JORR Rp 15.000 Mulai Berlaku di Akhir September 2018

Liputan6.com, Jakarta Integrasi transaksi tarif tol bakal diterapkan untuk ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) pada akhir September 2018. Sebelumnya kebijakan ini sudah berlaku pada ruas tol Jakarta-Palimanan-Brebes Timur pada di 2016, Jakarta-Tangerang-Merak pada 2017, Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Semarang seksi ABC di 2018. 

Tujuan pemerintah menerapkan kebijakan integrasi tarif tol sebagai tahapan menuju transaksi tol menerus atau multi lane free flow (MLFF) yang akan diberlakukan pada 2019.

Kebijakan ini pun telah sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol sebagaimana telah dirubah terakhir dengan PP No 30 tahun 2017. Aturan menyebutkan jalan tol disyaratkan memiliki tingkat pelayanan dan kenyamanan tinggi dibandingkan jalan umum dan dapat melayani arus lalu lintas jarak jauh dengan mobilitas tinggi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, penyamarataan tarif ini utamanya bertujuan meningkatkan standar pelayanan jalan tol seperti kemantapan jalan, kecepatan tempuh dan antrian transaksi tol.

"Integrasi transaksi tol JORR bertujuan meningkatkan pelayanan dan mendukung sistem logistik nasional agar lebih efisien dan berdaya saing," kata Menteri Basuki dalam sebuah keterangan tertulis, Senin (17/9/2018).

Dia juga menyatakan, tahap sosialisasi bakal terus dilakukan sebelum peraturan tersebut diberlakukan yakni paling lambat akhir September 2018.

Transaksi tol setelah integrasi menjadi sistem terbuka dimana pengguna tol hanya melakukan satu kali transaksi pada gerbang tol masuk (on-ramp payment). Saat ini adalah sistem transaksi tertutup, dimana pengguna tol harus melakukan 2-3 kali transaksi untuk menggunakan tol JORR sepanjang 76 Km yang terdiri dari 4 ruas tol dan dikelola oleh badan usaha jalan tol (BUJT) berbeda.

Pengguna tol JORR jarak jauh akan diuntungkan dari perubahan tarif dibandingkan dengan pengguna tol jarak dekat. Sebab, perhitungan tarif yang digunakan adalah tarif rata-rata ruas tol tersebut dikalikan dengan penggunaan rata-rata jalan tol tersebut.

Menteri Basuki menggarisbawahi bahwa perubahan tarif telah dikalkulasi dengan seksama. "Tidak ada kenaikan tarif terselubung yang akan meningkatkan pendapatan dan memberikan keuntungan tambahan bagi BUJT terkait," tegas dia.

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2pe3bat
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment