Thursday, September 6, 2018

Model Berhijab di Playboy hingga Barongsai, Kiprah 6 Muslimah di Dunia Hiburan

Pada bulan Ramadan ini, Jamilah Thompkins-Bigelow sibuk memperkenalkan buku cerita anak bergambar, Mommy's Khimar, di berbagai komunitas, termasuk di kalangan non-Muslim.

Kepada Metrini Geopani dari VOA Washington, penulis yang bermukim di Philadelphia, Pennsylvania, tersebut mengemukakan, buku karyanya itu mengetengahkan hubungan ibu-anak yang diceritakan oleh seorang anak perempuan yang senang memakai khimar atau hijab.

"When I put on Mommy's khimar, I become a queen the golden train. Under the khimar, my braids and twists form a bumpy crown. When I wear Mommy's khimar, I shine like the sun. I dive and become a shooting star into a pile of cloud. Of course, I make sure that mommy doesn't see me."

Itulah sepenggal kutipan dari buku cerita anak Muslim berjudul Mommy's Khimar yang dibacakan penulisnya, Jamilah Thompkins-Bigelow. Sepanjang Ramadan ini, ia sibuk mempromosikan karya perdananya itu dalam berbagai kesempatan.

Buku cerita anak bergambar ini menggambarkan kisah seorang anak perempuan yang senang bermain-main dengan hijab ibunya. Sambil mengenakan hijab tersebut, sang anak membayangkan dirinya menjadi hal yang berbeda-beda.

Jamilah menambahkan, tokoh utama ceritanya juga menunjukkan hubungannya dengan anggota keluarga dan anggota masyarakatnya yang ia temui karena ia mengenakan hijab, dan betapa orang-orang menyayangi serta menghargai ia dengan hijab yang dikenakannya.

Jamilah mulai menulis buku anak-anak karena keberadaan anak-anak Muslim, terlebih keturunan kulit hitam, belum cukup tergambarkan dalam buku-buku di Amerika.

""Jadi, saya ingin menulis sebuah cerita yang mirip dengan masa kecil saya sendiri yang dapat dikenali anak-anak saya. Dan satu hal yang ingin saya sampaikan adalah konsep hijab," tuturnya seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu 10 Juni 2018.

Jamilah memaparkan ada dua kelompok target pembaca bukunya. Pertama, kalangan yang dapat mengedukasi masyarakat yang belum mengenal atau tidak mengetahui apapun mengenai Muslim. Kedua, komunitas Muslim, khususnya warga kulit hitam.

Adapun kritik membangun dari sejumlah penerbit, pustakawan sekolah, guru, dan jurnalis, membuat Jamilah ingin belajar lebih banyak lagi.

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2MQOecK
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment