Friday, September 7, 2018

Kementerian PUPR Bangun 134 Jembatan Gantung di Tahun Ini

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 134 jembatan gantung yang tersebar di 20 provinsi di sepanjang tahun ini.

"Jembatan gantung sangat dibutuhkan dan kehadirannya disambut baik oleh masyarakat karena manfaatnya nyata," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (7/9).

Ia memaparkan keberadaan jembatan gantung yang diperuntukkan bagi pejalan kaki memiliki peran penting untuk menghubungkan atau memperpendek jarak tempuh desa terpencil ke desa lainnya maupun kantor pemerintahan yang terpisahkan karena kondisi geografis, seperti sungai besar.


Pemerintah juga menilai meski pembangunan jembatan gantung kelihatan kecil, namun dapat memberikan manfaat yang besar, baik untuk transportasi orang, barang dan komoditas. Sehingga, ada efisiensi dalam biaya maupun waktu.

Dengan hadirnya jembatan gantung, warga tidak perlu lagi memutar sehingga akan memperpendek jarak menuju berbagai fasilitas publik, seperti sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga.

Pembangunan jembatan gantung dengan panjang antara 42 meter - 120 meter dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga yang tersebar di Provinsi Aceh 3 unit, Sumatra Barat 6 unit, Sumatra Selatan 2 unit, Banten 30 unit, Jawa Tengah 9 unit, Jawa Timur 12 unit, Kalimantan Barat 4 unit, Sulawesi Tengah 2 unit, Sulawesi Selatan 8 unit, Nusa Tenggara Timur 4 unit, Riau 2 unit, Sumatera Utara 7 unit, Jambi 4 unit, Jawa Barat 23 unit, DIY 3 unit, Kalimantan Tengah 4 unit, Kalimantan Timur 1 unit, Sulawesi Tenggara 2 unit, Sulawesi Utara 4 unit, dan Papua 4 unit.


Dari 134 jembatan gantung, sebanyak 62 unit telah terkontrak, 63 unit dalam proses lelang, dan 9 unit masih dalam tahap persiapan lelang. Ditargetkan 50 unit akan rampung pada November 2018. Sementara, 84 lainnya pada Desember 2018.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, anggaran untuk pembangunan 134 jembatan gantung pada 2018 sebesar Rp770,5 miliar. Basuki juga memastikan pembangunan jembatan gantung tidak akan terpengaruh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat karena material yang digunakan merupakan produksi dalam negeri.

(bir)

Let's block ads! (Why?)



via CNN Indonesia https://ift.tt/2NmRZpD
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment