Wednesday, January 2, 2019

Ajian Mata

Ajian Mata


Berteduh saat Hujan, Siswa SMK di Palembang Dibegal hingga Sempat Terseret Mobil saat Minta Tolong

Posted: 02 Jan 2019 12:14 AM PST

TRIBUNNEWS.COM -Tragis dialami Dwi Saputra (17), seorang pelajar salah satu SMK di Kota Palembang ini, dirinya sudah menjadi korban begal pada Minggu (30/12) malam, sekitar pukul 22, dan meninggal dunia.

Menurut ayah korban, Marsudi (51) warga Desa Talang Keramat Kelurahan Kenten Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, saat kejadian, anaknya bersama dua temannya pulang dari jembatan Ampera dengan mengendarai sepeda motor Beat BG 6779 JAP, dan motor KLX.

"Karena hujan saat itu, lalu mereka bertiga berteduh di bawah stasiun LRT Cinde," ungkap Marsudi Selasa (1/1), ketika melapor ke Polresta Palembang.

Lanjutnya, kemudian, tiga pelaku mendekati korban, satu pelaku menyuruh teman korban pergi, dan dua pelaku lainnya memaksa korban untuk menyerahkan kunci motor dan Hp.

"Saat itulah anak saya di tusuk di dada bagian kirinya. Lalu anak saya lari ke jalan meminta pertolongan kepada pengendara yang melintas, tetapi Dwi malah terseret sejauh 5 meter oleh mobil yang dihentikannya, karena pengemudinya tidak tau kalau anak saya memegang mobilnya. Setelah itu, oleh pemilik mobil, anak saya langsung dibawa ke Charitas," katanya.

SIMAK VIDEO DAN BERITA LENGKAPNYA DI SINI>>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/02/berteduh-saat-hujan-siswa-smk-di-palembang-dibegal-hingga-sempat-terseret-mobil-saat-minta-tolong

Warga Tambun Utara Resah dengan Munculnya Buaya Berukuran Dua Meter di Kali CBL Bekasi

Posted: 02 Jan 2019 12:14 AM PST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Munculnya seekor buaya berukuran dua meter di aliran Kali CBL Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi membuat geger warga Tambun Utara.

Dalam beberapa hari ini buaya tersebut sering menampakkan diri sehingga membuat warga resah.

Roin, warga setempat mengungkapkan, buaya itu kerapkali muncul pada pagi maupun siang hari.

Baca: KPK Terapkan Aturan Pasang Borgol Tahanan, Ada yang Tersenyum, Ada yang Berlari

"Awal muncul Minggu kemarin, tapi sekarang jadi sering muncul, pagi sekitar pukul 07.00 lalu pukul 12.00 sampai dengan pukul 13.00 berada di daratan, kemudian masuk lagi ke sungai," kata Roin, Rabu (2/1/2019).

Roin mengatakan, kemunculan buaya itu sudah dilaporkannya kepada pengurus desa setempat.

"Saya lihat pas awal, saya ajak teman sama tetangga biar lihat benar mereka lihat buaya muncul. Kita langsung laporkan, resah soalnya," ucapnya.

Baca: Pemain baru Madura United, Zulfiandi Akan Menggunakan Nomor Punggung 35

Ia menambahkan, sempat ada kabar kambing warga hilang dan diduga dimangsa buaya tersebut.

"Ada kambing warga hilang, sepertinya dimangsa buaya. Ngeri banget lah, soalnya petani mengambil air untuk menyiram tanamannya. Saya malah lihat buaya ada di tempat mesin air," katanya.

Baca: Persipura Jayapura Akan Bermaterikan 80 Persen Pemain Lama

Ia meminta instansi terkait untuk segera menangkap buaya tersebut.

Alasannya, buaya itu seringkali muncul di dekat kebun miliknya.

"Warga belum ada yang berani nangkap buaya itu. Kita berharap instansi terkait dapat menangkapnya, karena khawatir buaya merambah ke permukiman," katanya.

Penulis: Muhammad Azzam

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Warga Tambun Utara Geger Lihat Penampakan Buaya Ukuran Dua Meter di Kali CBL Bekasi

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2019/01/02/warga-tambun-utara-resah-dengan-munculnya-buaya-berukuran-dua-meter-di-kali-cbl-bekasi

Jumat, SBY Akan Bertemu dengan Tim Persiapan Debat Prabowo-Sandi

Posted: 01 Jan 2019 11:59 PM PST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan mengundang tim persiapan debat Prabowo-Sandi.

Sudirman mengatakan SBY akan mengundang tim persiapan debat pada Jumat (4/1/2019).

“Tanggal 4 Januari Pak SBY akan mengundang tim persiapan debat dan memberi masukan-masukan,” ujar Sudirman Said ditemui di KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).

Sudirman mengatakan, masukan dari SBY akan sangat berguna bagi Prabowo-Sandi karena pernah menjadi presiden selama dua periode.

“Bagaimana pun beliau sudah pernah berkompetisi dua kali dan menang, kemudian memimpin negara, memimpin sejumlah akademisi, profesor, dan ahli, mungkin tak bisa terbuka tapi beliau akan memberi masukan yang baik bagi calon kami,” pungkasnya.

Baca: Sepanjang 2019, Nama Nikita Mirzani Diramal Tetap Muncul dengan Deretan Sensasi

Debat perdana Pilpres 2019 akan dilaksanakan pada 17 Januari 2019 mendatang.

Pada debat perdana itu KPU RI selaku penyelenggara Pemilu mengangkat tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/01/02/jumat-sby-akan-bertemu-dengan-tim-persiapan-debat-prabowo-sandi

Beredar Video Rizieq Shihab Pimpin Deklarasi 2019 Ganti Presiden di Mekah, Kompak Angkat 2 Jari

Posted: 01 Jan 2019 11:59 PM PST

TRIBUNNEWS.COM --  Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab diketahui masih tinggal di Arab Saudi hingga saat ini.

Baru-baru ini, beredar video Habib Rizieq Shihab tengah memimpin deklarasi 2019 Ganti Presiden di Mekah, Arab Saudi.

Video tersebut diunggah akun Twitter Relawan Nasional Prabowo-Sandi (RN PAS) official.

Video berdurasi 50 detik itu diketahui diambil di kawasan Jabal Rahmah, Mekah Arab Saudi.

Terlihat sekelompok orang baik pria maupun wanita berkumpul di depan Jabal Rahmah.

Terlihat pula beberapa anak kecil di dalam kelompok itu.

Terlihat ada dua orang mengibarkan spanduk bertuliskan #2019GantiPresiden.

Habib Rizieq Shihab yang berada di tengah-tengah mereka pun mengatakan kalau mereka sedang bersama para WNI yang bermukim di Mekah.

Habib Rizieq Shihab mengatakan kalau mereka kompak mendeklarasikan 2019 Ganti Presiden.

"Dari Jabal rahmah, Mekah Al Mukaromah, kami keluarga besar para Warga Indonesia yang bermukim di Mekah, InsyaAllah bersama-sama kompak 2019 Ganti Presdien," tutur Habib Rizieq Shihab.

BACA SELENGKAPNYA ======>>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/02/beredar-video-rizieq-shihab-pimpin-deklarasi-2019-ganti-presiden-di-mekah-kompak-angkat-2-jari

Kang Yayan Apresiasi Peluncuran KA Pangandaran jurusan Jakarta-Banjar

Posted: 01 Jan 2019 11:44 PM PST

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA- Politisi muda PDI Perjuangan Yayan Sopyani Al-Hadi mengapresiasi peresmian dan peluncuran Kareta Api (KA) Pangandaran yang menghubungan Jakarta dengan Banjar

Dengan kereta api ini maka mobilitas masyarakat akan semakin cepat dan massif. Sehingga secara langsung akan berdampak pada pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Baca: Doakan Indonesia, Caleg PDIP Gelar Istigasah Bersama Ribuan Jemaah

"Jalur Jakarta-Banjar ini akan meningkatkan kesejahteraan rakyat baik warga sekitar Banjar, termasuk Pangandaran," ungkap Yayan, yang juga Ketua PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi),(Rabu, 2/1/2019).

Calon anggota DPR dari PDI Perjuangan daerah pemilihan Ciamis, Banjar, Pangandaran dan Kuningan ini mengatakan bahwa potensi wisata di sekitar banjar sangat luar biasa. Destinasi wisata seperti Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas dan Green Canyon sudah sangat populer.

Baca: Terawangan Mbak You Soal Inisial Calon Suami Syahrini & Kelanjutan Kisah Cinta Luna Maya

Selain itu, ada juga destinasi wisata yang menyimpan pelajaran sejarah yang sangat penting. Misalnya Situ Panjalu, Situs Ciung Wanara di Karangkamulyan, Istana Surawisesa dan lain-lain.

"Selama ini persoalan transportasi menjadi masalah untuk mencapai tempat wisata itu. Dengan adanya Kereta Pengandaran maka ini akan memudahkan wisatawan dan akan meningkatkan jumlah wisata ke Banjar, Ciamis dan Pangandaran," ungkap Yayan, caleg dengan Nomor urut 4 tersebut.

Yayan juga mengucapkan terima kasih pada semua pihak, terutama kepada pihak KAI, pemerintah provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil dan Uu, Walikota dan Wakil Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih dan Nana Suryana, serta Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

"Warga Jawa Barat, terutama warga Banjar dan Pangandaran harus bersyukur memiliki pemimpin yang begitu peduli pada peningkatan sektor wisata, budaya dan ekonomi. Ini juga tak lepas dari peran pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menjalankan konsep pembangunan Indonesiasentris dan menjadikan Indonesia maju," tegas Yayan.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Pangandaran relasi Stasiun Gambir-Bandung-Banjar (PP) di Stasiun Banjar, Rabu (2/1).

Satu rangkaian KA Pangandaran terdiri dari empat unit kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium dengan kapasitas total 520 tempat duduk. Peluncuran KA Pangandaran dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Banjar, Jawa Barat.

Baca: Dikritik KPU, Yusril: Saya Lebih Baik Menjadi Advokat Daripada Caleg

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/02/kang-yayan-apresiasi-peluncuran-ka-pangandaran-jurusan-jakarta-banjar

Pemain Asing Baru Persija Jakarta Dari Brasil

Posted: 01 Jan 2019 11:29 PM PST

Pemain Asing Baru Persija Jakarta Dari Brasil

Tribunnews/HO/Media Persija Jakarta

Direktur Utama Persija Jakarta, I Gede Widiade saat ditemui di Lapangan ABC, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018). 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, mengatakan timnya akan kedatangan dua calon pemain asing baru untuk kompetisi musim 2019. 

Dua calon pemain asing baru Persija Jakarta itu berasal dari Brasil.

Sejatinya kata Gede Widiade, bukan hanya dua pemain asing saja yang akan datang, melainkan tiga.

Kendati demikian, pria berdarah Bali itu enggan menyebutkan ketiga pemain asing tersebut.

BACA SELENGKAPNYA DI SINI 

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/superskor/2019/01/02/pemain-asing-baru-persija-jakarta-dari-brasil

Jennie Blackpink dan Kai EXO Diam-diam Bocorkan Hubungan Mereka dari Foto di Instagram

Posted: 01 Jan 2019 11:29 PM PST

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM -- Hubungan asmara dua idol asal Korea Selatan, Kai EXO dan Jennie Blackpink terkuak sejak Dispatch merilis foto-foto mereka yang sedang berkencan 1 Januari 2019 lalu.

Tanpa disadari ternyata keduanya telah memberikan tanda-tanda yang menggambarkan kalau keduanya memadu kasih melalui foto-foto di akun instagram mereka.

Seperti pada 3 Oktober 2018 lalu, Kai dan Jennie sama-sama mengunggah foto sedang berada di depan menara eifel.

Seperti yang diberitakan Soompi, banyak penggemar yang menduga kalau saat itu mereka sudah berkencan karena hasil foto menggunakan filter yang sama.

Di akun instagram pribadinya @jennierubyjane, Jennie mengunggah foto-foto di Menara Eiffel dalam dua postingan berbeda.

Instagram @jennierubyjane
Instagram @jennierubyjane

Pada foto yang pertama ia menuliskan judul "Makan malam paling romantis sambil mengagumi Menara Eiffel," tulis Jennie.

Ada tujuh foto, mulai dari Jennie yang membelakangi kamera menghadap Menara Eiffel hingga makanan yang ia santap saat makan malam.

Lalu postingan kedua adalah foto menara eiffel saat lampu yang bernyala berwarna pink dengan judul foto 'PINK' mengisyaratkan Blackpink.

Instagram @Zkdlin
Instagram @Zkdlin

Sementara Kai di instagram pribadinya @zkdlin mengunggah empat kali foto yang menampilkan ia sedang berdiri di depan menara Eiffel.

Sebelumnya pada 26 September dan 30 September 2018, Kai juga mengunggah fotonya sedang menari di depan Menara Eiffel.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/seleb/2019/01/02/jennie-blackpink-dan-kai-exo-diam-diam-bocorkan-hubungan-mereka-dari-foto-di-instagram

5 Aktivitas Malam Saat Liburan ke Auckland, Bisa Belanja di Pasar Saat Tengah Malam

Posted: 01 Jan 2019 11:14 PM PST

(TribunTravel.com/Rizki A Tiara)

TRIBUNNEWS.COM - Kota Auckland menjadi satu di antara destinasi favorit yang bisa dikunjungi di Selandia Baru.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan dan spot yang bisa dikunjungi di Auckland.

Termasuk saat malam hari.

Berbagai aktivitas di Auckland bisa kamu nikmati tak lama setelah matahari terbenam.

Kali ini, TribunTravel.com telah merangkum aktivitas malam hari di Auckland, Selandia Baru dari laman The Urban List.

1. Golf tengah malam

Jangan dikira golf hanya bisa dimainkan saat siang atau pagi hari.

Di Auckland, traveler bisa main golf dengan driving range yang buka 24 jam di JK's World of Golf.

2. Menikmati pantai di malam hari

Kamu bisa menikmati suasana pantai di malam hari di West Coast Beach, Auckland.

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/travel/2019/01/02/5-aktivitas-malam-saat-liburan-ke-auckland-bisa-belanja-di-pasar-saat-tengah-malam

Sambut Kedatangan Iriana Jokowi ke Mijen, Satpol PP Bongkar Lapak di Tepi Jalan di Semarang

Posted: 01 Jan 2019 11:14 PM PST

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Jamal A Nashr

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Sambut kedatangan Iriana Jokowi ke Mijen, Satpol PP bongkar lapak di tepi jalan di Semarang.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang menertibkan lapak dagangan di pinggir Jalan Prof Dr Hamka Ngaliyan sampai Karangmalang, Mijen, Kota Semarang.

Penertiban ini untuk menyambut kunjungan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, di Kota Semarang. Kunjungan tersebut dijadwalkan pada Jumat pekan ini.

"Jumat besok ada kunjungan dari Ibu Negara ke Mijen," sebut koordinator lapangan penertiban, Muhammad Nafis kepada Tribunjateng.com, Rabu (2/1/2019).

Dalam kunjungan itu, Ibu Negara dijadwalkan akan mengunjungi Puskesmas Karangmalang, Aula Kecamatan Mijen, Kebun Agropurwosari Mijen, Nirwana Stable, dan Lawang Sewu.

Selain menertibkan lapak dagangan di tepi jalan, pihaknya juga akan menertibkan reklame di sepanjang jalan itu.

Reklame yang ditertibkan meliputi iklan usaha maupun politik.

"Ini bertahap. Nanti juga menertibkan spanduk regu yang lain. Ada bagiannya sendiri," katanya.

Lapak-lapak yang tertibkan kemudian disita oleh petugas.

Barang-barang milik pedagang yang disita meliputi gerobak, meja, dan terpal.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/02/sambut-kedatangan-iriana-jokowi-ke-mijen-satpol-pp-bongkar-lapak-di-tepi-jalan-di-semarang

Misbakhun Banggakan Keberhasilan Jokowi Capai Target Penerimaan Negara

Posted: 01 Jan 2019 10:59 PM PST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun yang membidangi keuangan memuji keberhasilan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mencapai target penerimaan negara yang dipatok dalam APBN 2018. 

Baca: Karangan Bunga di Awal Tahun untuk Kinerja Jokowi-JK

Dari target penerimaan negara sebesar Rp 1894,7 triliun dalam APBN 2018, capaian pemerintahan presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu tembus Rp 1.896,6 triliun atau 100,1 persen.

Misbakhun menyatakan, Presiden Jokowi sejak mengawali pemerintahannya pada 2014 sudah bertekad mewujudkan kemandirian dan kedaulatan ekonomi, termasuk dengan menggenjot penerimaan negara.
Legislator Partai Golkar itu menjelaskan, penerimaan negara meliputi sektor pajak, cukai, kepabeanan dan hibah.

“Jadi jika sekarang penerimaan negara melebihi 100 persen dari yang dipatok dalam APBN 2018, itu adalah buah dari upaya Pak Jokowi membangun kemandirian dan kedaulatan ekonomi. Ini adalah prestasi yang sangat membanggakan di sektor penerimaan negara,” ujar Misbakhun, Rabu (2/1/2019).

Mantan pegawai negeri sipil (PNS) di Direktorat Jenderal Pajak itu lantas membeber ikhtiar Presiden Jokowi menggenjot penerimaan negara. Di antaranya menuntaskan Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak atau tax amnesty.

Pemerintah, tutur Misbakhun, juga mereformasi perpajakan dalam rangka meningkatkan tax ratio. Selain itu, kata Misbakhun, pemerintah bersama DPR juga merevisi Undang-undang (UU) Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Presiden Jokowi di awal pemerintahannya merencanakan dua program besar untuk meningkatkan penerimaan negara. Yaitu program tax amnesty untuk melakukan reformasi di sektor pajak dalam rangka menaikkan tax ratio dan merombak UU Penerimaan Negara Bukan Pajak,” tutur Misbakhun.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (TKN Jokowi - Ma’ruf) itu menegaskan, program tax amnesty terbukti sukses. Program yang berakhir pada 31 Maret 2017 tersebut mencatat deklarasi harta para wajib pajak dengan total Rp 4.855 triliun.

Merujuk Surat Pernyataan Harta (SPH) yang dideklarasikan para wajib pajak, ada Rp 3.676 triliun di dalam negeri dan Rp 1.031 triliun di luar negeri yang dilaporkan ke pemerintah. Sedangkan hasil penarikan dana dari luar negeri (repatriasi) mencapai Rp 147 triliun.

“Tax amnesty di Indonesia berjalan sangat sukses, bahkan menjadi salah satu cerita keberhasilan program pengampunan pajak di dunia. Tax base (basis pajak, red) Indonesia juga mengalami perbaikan,” tutur Misbakhun.

Namun, salah satu inisiator RUU Tax Amnesty itu juga mendorong pemerintah melakukan reformasi pajak berkelanjutan melalui perubahan tarif yang lebih kompetitif di kawasan regional. Dengan demikian Indonesia makin menarik bagi investor sehingga foreign direct investment atau penanaman modal asing (PMA) terus mengalir.

Misbakhun juga mengingatkan pemerintah agar dalam melakukan reformasi perpajakan memperhatikan ekonomi digital. “Digitalisasi ekonomi menggeser ekonomi konvensional, sehingga aturan pajak bisa lebih ter-update,” ulasnya.

Baca: Tim Prabowo-Sandi Akan Jadikan Jateng Lumbung PaDi, Tim Jokowi-Maruf: Siap-siap Ditanduk Banteng

Terkait PNBP, kata Misbakhun, UU yang baru hasil revisi memungkinkan peningkatan penerimaan negara dari pajak sumber daya alam, pelayanan publik dan pengelolaan kekayaan. “Sumber daya alam Indonesia bisa digunakan sepenuhnya. Untuk pembiayaan pembangunan nasional dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat,” pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/02/misbakhun-banggakan-keberhasilan-jokowi-capai-target-penerimaan-negara

Tim Prabowo-Sandi Akan Jadikan Jateng 'Lumbung PaDi', Tim Jokowi-Ma'ruf: Siap-siap Ditanduk Banteng

Posted: 01 Jan 2019 10:59 PM PST

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNNEWS.COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menanggapi pernyataan dari Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandiaga, Mohamad Taufik yang akan mengubah Jateng dari "Kandang Banteng", menjadi "Lumbung Padi".

Direktur Program TKN Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima menuturkan, apa yang disampaikan Tim Prabowo-Sandi terkesan antagonis.

"Mimpi untuk mengubah Kandang Banteng di Jateng menjadi Lumbung Padi, terkesan antagonis," tuturnya kepada TribunSolo.com, Rabu (2/1/2019).

Aria yang juga politikus senior PDI Perjuangan (PDI-P) itu menilai, bahwa selama ini seolah-olah Kandang Banteng itu bukan Lumbung Padi, menjadi anggapan yang keliru.

Menurutnya, predikat Jateng sebagai Kandang Banteng, karena memang cukup pangan, karena banyak rumput sehingga "banteng-banteng" betah tinggal di Jateng.

"Metaforanya seperti itu, banteng-banteng lebih betah di sini (Jateng), kan anggapan dari tim mereka keliru," aku dia.

Dia mengungkapkan, masalahnya adalah, jika mau masuk Kandang Banteng tetapi tidak siap dengan habitatnya, maka siap-siaplah bakal ditanduk keluar ruangan.

"Banteng-banteng akan menanduk keluar mereka dari Jateng," aku dia.

Untuk diketahui, Ketua Seknas Prabowo-Sandiaga, Mohamad Taufik, mengatakan, timnya ingin mengubah anggapan bahwa Jateng adalah basis pendukung PDI-P dan partai-partai pendukung Jokowi-Ma'ruf.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/02/tim-prabowo-sandi-akan-jadikan-jateng-lumbung-padi-tim-jokowi-maruf-siap-siap-ditanduk-banteng

Konotasinya Kurang Baik, Sandiaga Uno Ubah Nama PKL Jadi PKM dan Tawarkan 7 Langkah Pas Biar Sukses

Posted: 01 Jan 2019 10:44 PM PST

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan, pedagang kaki lima (PKL) merupakan tulang punggung dari ekonomi bangsa.

Pasalnya, lebih dari 60 persen ekonomi indonesia berasal dari pedagang kecil.

Berdasarkan hal itu, Sandiaga Uno ingin mengubah sebutan PKL yang menurutnya konotasinya kurang pas menjadi sebutan yang lebih elok.

"Jangan dibilang pedagang kaki lima, itu ada konotasi yang kurang baik. Saya ganti Pedagang Kecil Mandiri (PKM), agar mereka lebih dianggap," tegas Sandiaga Uno, saat menghadiri dialog Ekonomi di Surabaya, Selasa (1/1/2018).

Menurut Sandi, sejatinya yang menjadi urat nadi ekonomi Indonesia adalah para Pedagang Kecil Mandiri.

Karena 60 persen lebih ekonomi kita adalah pengusaha kecil.

Untuk itu, Jika dirinya terpilih di Pilpres 2019 akan memperhatikan nasib para pedagang kecil dan UMKM.
Serta mendorong mereka agar menjadi pengusaha yang sukses.

Caranya, mereka harus diberikan perhatian khusus, melalui program 7 Langkah Pas.

Yakni, Pendaftaran data base yang terintegrasi, Pelatihan, Pendampingan, Perijinan karena biasanya ada masalah hukum, Pemasaran, Pelaporan keuangan dan Permodalan," bebernya.

Dijabarkan Sandiaga Uno, pedagang kecil perlu didaftarkan sehingga bisa terintegrasi, selain itu perlu adanya pelatihan, pendampingan dan perijinan.

"Karena biasanya kalau terkait perijinan berkaitan dengan hukum, jadi perijinan lebih berpihak pada masyarakat kecil," imbuhnya.

Pemasaran bagi pedagang kecil juga perlu agar mereka bisa lebih berkembang, Pelaporan keungan dan permodalan agar mereka mendapat akses modal yang mudah.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/02/konotasinya-kurang-baik-sandiaga-uno-ubah-nama-pkl-jadi-pkm-dan-tawarkan-7-langkah-pas-biar-sukses

Pengamat Nilai Kebijakan DKI Larang Penggunaan Sampah Plastik Solusi Setengah Matang

Posted: 01 Jan 2019 10:29 PM PST

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta larang penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Larangan penggunaan kantong plastik itu dalam rangka mengurangi jumlah sampah plastik Ibu Kota dimana Jakarta menjadi penyumbang terbesarnya.

Baca: Denfest 2018, Ajak Masyarakat Diet Kantong Plastik, Terapkan Transaksi Non-Tunai

Pengamat kebijakan publik Universitas trisakti, Trubus Rahadiansyah menyebut kebijakan itu adalah solusi setengah matang.

Pasalnya, dia mempertanyakan solusi itu lantaran masyarakat maupun Pemprov DKI masih belum mendapatkan pengganti dari kantong plastik itu sendiri.

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta harus jelas mendefinisikan pengertian apa saja yang masuk ke dalam definisi kantong pengganti plastik, seperti bahan apa yang digunakan.

"Penggunaan kantong yang ramah lingkungan itu kan sampai hari ini belum ada penjelasan, yang bagaimana dari kain atau dari apa," kata Trubus saat dihubungi, Rabu (2/1/2019).

Penggunaan kantong plastik sudah seperti menjadi tradisi masyarakat Indonesia dan mudah ditemui di kehidupan sehari-hari. Atas hal itu, kata Trubus, Pemprov DKI Jakarta harus bekerja ekstra keras agar solusi pengurangan sampah plastik Ibu Kota dapat diterapkan maksimal.

Trubus sarankan Pemprov DKI Jakarta menyosialisasikan secara edukatif kepada masyarakat soal peralihan kantong lewat kebijakan itu.

Agar tumbuh di masyarakat bahwa peralihan penggunaan plastik di masyarakat bukan sebuah paksaan, melainkan kesadaran.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2019/01/02/pengamat-nilai-kebijakan-dki-larang-penggunaan-sampah-plastik-solusi-setengah-matang

Tes Kepribadian: Jarang Disadari, Bentuk Ujung Lipstik Bisa Menunjukkan Karaktermu, Lho!

Posted: 01 Jan 2019 10:29 PM PST

TRIBUNNEWS.COM - Ladies, tanpa kamu sadari bentuk ujung lipstik menunjukkan karaktermu, lho!

Bentuk ujung lipstik bisa jadi akan berbah setelah digunakan, bentuk itu tergantung dari caramu memakainya.

Mungkin kamu tidak pernah menyadari, cara menggunakan lipstik bisa menunjukkan seperti apa karaktermu.

Meski tidak dapat dipastikan apakah hasil tes ini akurat, tetapi kamu bisa membuktikan sendiri hasil dari tes ini dengan karaktermu.

Selain mengetahui karaktermu sendiri, kamu bisa membaca karakter temanmu dari bentuk ujung lipstick-nya.

Bukankah hal yang menyenangkan mencoba menebak kepribadian orang lain?

Berikut Tribunnews.com rangkumkan dari en.secretsid.com, inilah delapan kepribadian berdasarkan bentuk ujung lipstick.

Baca: Tes Kepribadian: Ketahui Pilihan Konsumsi Kuliner Anda Berdasar Gambar Empat Bingkisan Ini

1. Bentuk ujung lipstik tetap sama seperti saat membelinya

bentuk ujung lipstick
Bentuk ujung lipstick tetap sama seperti saat membelinya (en.secretsid.com)

- Kamu adalah orang yang mematuhi aturan

- Kamu tidak suka menarik perhatian

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/section/2019/01/02/tes-kepribadian-jarang-disadari-bentuk-ujung-lipstik-bisa-menunjukkan-karaktermu-lho

Ratusan Wisatawan Terjebak di Karimunjawa

Posted: 01 Jan 2019 10:14 PM PST

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNNEWS.COM, JEPARA - Wisatawan yang berkunjung di Karimunjawa, Kepulauan Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah masih tertahan dan tidak bisa kembali ke Pelabuhan di Jepara.

Ini terjadi lantaran cuaca buruk yang mengakibatkan ditutupnya jalur penyeberangan.

Camat Karimunjawa Karnanajeng saat dihubungi melalui sambungan telepon, sampai saat ini masih ada 297 wisatawan yang masih tertahan di Karimunjawa.

"Kalau saat ini, sementara mereka masih dikoordinir oleh biro perjalanan yang memberangkatkan wisatawan. Mereka masih tinggal di hotel," kata Karnanajeng, Rabu (2/1/2019).

Jumlah tersebut, bisa jadi berkurang karena ada jadwal penerbangan dari Bandara Dewandaru Karimunjawa ke Semarang pada hari ini.

Baca: Wings Air Resmi Layani Penerbangan Semarang - Karimunjawa

"Mungkin berkurang hari ini, karena ada penerbangan," katanya.

Dia menuturkan, penutupan penyebarangan dari Pelabuhan Kartini menuju Karimunjawa, atau sebaliknya terjadi sejak 31 Desember 2018.

Penutupan tersebut lantaran gelombang tinggiIyang terjadi di perairan utara Jawa.

"Termasuk perairan di utara Jepara," tuturnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/02/ratusan-wisatawan-terjebak-di-karimunjawa

5 Momen Menyakitkan Cristiano Ronaldo pada 2018

Posted: 01 Jan 2019 10:14 PM PST

TRIBUNNEWS.COM - Meski menyandang status megabintang lapangan hijau, bukan berarti karier Cristiano Ronaldo selalu berjalan mulus selama 2018. Momen menyakitkan pun pernah ia rasakan.

Cristiano Ronaldo menuntaskan 12 bulan terakhir dengan satu trofi Liga Champions bersama Real Madrid.

Gelar tersebut adalah yang ketiga secara berturut-turut bagi Madrid sekaligus menjadi sebuah rekor di kompetisi paling elite antarklub Eropa.

Meski berhasil mengukir sejarah, sosok yang kini berseragam Juventus itu juga mengalami masa-masa surut selama tahun lalu.

Apa sajakah itu?

1. AKHIR PAHIT PIALA DUNIA

Jika bicara momen paling menyakitkan bagi Ronaldo selama 2018, mungkin jawabannya adalah Piala Dunia.

Sosok berumur 33 tahun itu hanya bisa membawa timnas Portugal melangkah sampai ke babak 16 besar.

Portugal tersisih seusai dibungkam 1-2 oleh Uruguay dalam babak 16 besar.

BACA SELENGKAPNYA

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/superskor/2019/01/02/5-momen-menyakitkan-cristiano-ronaldo-pada-2018

Keluarga Raffi Ahmad, Irwansyah dan Baim Wong Liburan di Jepang

Posted: 01 Jan 2019 09:59 PM PST

(TribunTravel.com/Ayu Miftakhul)

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah rombongan keluarga seleb akan berangkat untuk liburan bersama.

Mulai dari Raffi Ahmad yang mengajak serta istrinya Nagita Slavina dan Rafathar.

Sementara itu Irwansyah juga turut serta mengajak sang istri Zaskia Sungkar untuk liburan.

Tidak ketinggalan, pengantin baru Baim Wong dan Paula Verhoeven juga ikut hadir dalam rombongan tur di awal tahun baru 2019.

Sebelumnya, Baim Wong telah menikmati liburan bulan madu keduanya di Roma sambil menjalani syuting.

Beberapa sahabat mereka pun juga ikut dalam acara liburan bersama mereka.

Keberangkatan liburan mereka diketahui lewat unggahan akun Instagram pribadi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, @raffinagita1717, Rabu (2/1/2018).

Kala itu, mereka mengabadikan momen keberangkatan saat berada di bandara.

Mengenakan pakaian dengan gaya yang kasual dan santai, rombongan keluarga artis ini siap untuk terbang ke negara tujuan liburan mereka.

Bahkan beberapa koper pun juga telah siap dan berada di hadapan mereka.

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/seleb/2019/01/02/keluarga-raffi-ahmad-irwansyah-dan-baim-wong-liburan-di-jepang

Dorong Stakeholder Manfaatkan Platform Layanan Berbasis Digital

Posted: 01 Jan 2019 09:59 PM PST

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  PT Pelabuhan Indonesia II Persero (IPC) terus mendorong para pemangku kepentingan yang ada dalam ekosistem kepelabuhanan untuk beradaptasi memanfaatkan semua platform layanan berbasis digital yang telah disiapkan.

Adaptasi itu dibutuhkan, agar digitalisasi pelabuhan yang sedang diterapkan bisa dilakukan secara total dan menyeluruh.

“Kita harus berkolaborasi agar tercipta sistem logistik nasional yang semakin efisien dan berdaya saing tinggi,” kata Direktur Komersial IPC, Saptono R Irianto di hadapan para pemangku kepentingan kepelabuhanan, saat membuka acara Malam Apresiasi Nahkoda Last Call 2018 & First Call 2019.

Saptono mengatakan, memasuki tahun 2019, komitmen IPC melakukan transformasi mewujudkan pelabuhan kelas dunia semakin kuat.

Tahun ini, IPC memasuki tahap Sustainable Superior Performance, di mana IPC memiliki target yang berfokus pada 3 hal, yakni strategi pertumbuhan, konektivitas nasional, dan ekspansi global. 

“Terkait dengan strategi pertumbuhan itu, kami berharap IPC dan para pemangku kepentingan (stakeholder) bisa tumbuh bersama mencapai hasil yang optimal. Kita harus tumbuh dan menjadi bangsa yang memiliki daya saing tinggi di kancah global,” tegasnya.

Baca: IPC Menangkan Dua Penghargaan Internasional

Acara ‘Malam Apresiasi Nahkoda Last Call 2018 & First Call 2019’ diadakan oleh IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok.  

Kegiatan yang menandai pergantian tahun 2018 dan 2019 tersebut diisi dengan melepas kapal terakhir tahun 2018 dan menyambut kapal pertama 2019, yang bersandar di Tanjung Priok.

Kapal Uni-Angel yang dinahkodai Kapten Amazona Celso (berbendera Panama) tercatat sebagai kapal terakhir tahun 2018 yang dilepas dari Tanjung Priok.

Sedangkan kapal  pertama yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok tahun 2019 adalah Kapal Kanchana Naree, yang dinahkodai Kapten Rachen Watthanaphaet.

Pelepasan kapal terakhir 2018 dan penyambutan kapal pertama 2019 di Pelabuhan Tanjung Priok dilakukan oleh Direktur Operasi IPC, Prasetyadi.

Selain seremoni pelepasan dan penyambutan kapal pertama 2019, IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok juga menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk para korban dan keluarga korban yang terdampak bencana Tsunami Selat Sunda. Bantuan diberikan dalam bentuk uang.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/02/dorong-stakeholder-manfaatkan-platform-layanan-berbasis-digital

Artis Cantik Pemain Sinetron Kian Santang Diam-diam Menikah di Mekkah, Sosok Suami Dirahasiakan

Posted: 01 Jan 2019 09:44 PM PST

TRIBUNNEWS.COM - Kabar bahagia datang dari model, penyanyi dan pesinetron, Marissa Christ Hari Tarigan, atau dikenal dengan nama Isya Jeeperson.

Artis peran berusia 26 tahun ini baru saja menikah di Mekkah.

Isya mengumumkan pernikahannya melalui media sosial Instagram.

"HALAL #CintaKarenaAllah," tulis Isya di keterangan fotonya.

Akad nikah berlangsung di Mekkah, tepatnya di Hotel Fairmont yang lokasinya dekat dengan Ka'bah.

Tak mau menunjukkan sosok suaminya ke khalayak, Isya memilih hanya mengunggah foto buku nikahnya.

Ia juga membubuhkan keterangan foto yang romantis.

"DiriKu milikMu

Mata Yang Sendu telah bersinar...

Bibir yang kaku telah terisi oleh tawa dan Senyuman...

halaman selanjutnya >>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/seleb/2019/01/02/artis-cantik-pemain-sinetron-kian-santang-diam-diam-menikah-di-mekkah-sosok-suami-dirahasiakan

Ini Jadwal, Ketentuan dan Cara Penyusunan Pemberkasan Bagi yang Lolos CPNS 2018 Kemendikbud

Posted: 01 Jan 2019 09:29 PM PST

TRIBUNNEWS.COM - Siapkan pemberkasan bagi yang lolos CPNS 2018 Kemendikbud, ini jadwal, persyaratan, ketentuan dan cara penyusunannya lengkap dengan link.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan / Kemendikbud telah merilis pengumuman hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil / CPNS 2018, pada Senin (31/12/2018).

Pengumuman hasil akhir CPNS 2018 Kemendikbud tersebut telah dirilis lewat portal resminya.

Dalam pengumuman resminya, terdapat dua lampiran yang berisi rekap hasil integrasi SKD dan SKB CPNS 2018 Kemendikbud, serta rincian atau detail nilai hasil SKD dan SKB.

Dalam pengumumannya, bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi, wajib untuk melakukan pemberkasan sesuai dengan persyaratan.

Berkas persyaratan pemberkasan dikirim melalui pos ke Panitia Seleksi CPNS KEmenterian Pendidikan dan Kebudayaan PO BOX 1112-JKP 10011.

Berkas dikirimkan pelamar paling lambat tanggal 15 Januari 2019 cap pos.

Sedangkan pengambilan berkas terakhir dari PO BOX dan panitia seleksi CPNS 2018 Kemendikbud yakni tanggal 16 Januari 2019 pukul 16.00 WIB.

Apabila hingga Jumat, 8 Januari 2019, peserta yang lulus Seleksi CPNS Kemendikbud 2018 belum mengirimkan kelengkapan berkas maka peserta tersebut dinyatakan gugur.

Dikutip dari laman resminya, kemdikbud.go.id, Rabu (2/1/2019) terdapat beberapa berkas yang harus dikirimkan.

Simak halaman selengkapnya----->>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/01/02/ini-jadwal-ketentuan-cara-penyusunan-pemberkasan-bagi-yang-lolos-cpns-2018-kemendikbud

BREAKING NEWS: Bus AKDP Kupang-Betun-Weoe Terbalik di Laenmanen-Malaka

Posted: 01 Jan 2019 09:29 PM PST

TRIBUNNEWS.COM - Bus angkutan umum Lima Jaya, jurusan Kupang-Betun-Weoe, terbalik di jalan Betun-Nurobo, di wilayah Kecamatan Laenmanen, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, Rabu (2/1/2019) sekitar pukul 09.00 Wita.

Informasi yang dihimpun Pos Kupang.Com, Bus Lima Jaya DH 7125 EB terbalik di ruas jalan Betun-Nurobo, tepatnya di wilayah Desa Kapitan Meo, Kecamatan Laenmanen, Kabupaten Malaka.

Anggota Polsek Laenmanen dan babinsa serta masyarakat masih membantu mengevakuasi penumpang yang masih tertendes mobil. Pengemudi kendaraan sudah lari menyelamatkan diri.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/02/breaking-news-bus-akdp-kupang-betun-weoe-terbalik-di-laenmanen-malaka

Persipura Diperkuat Mayoritas Skuat Lama Hadapi Musim Kompetisi 2019

Posted: 01 Jan 2019 09:14 PM PST

TRIBUNNEWS.COM - Persipura Jayapura akan mengarungi musim depan dengan komposisi tim yang tak jauh beda dari musim 2018.

Kepastian mengenai kabar itu disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano.

Pria yang akrab disapa dengan inisial namanya itu, BTM, setidaknya musim depan Persipura Jayapura akan bermaterikan 80 persen pemain lama.

Sekitar 80 persen pemain itu disebut BTM akan dipertahankan.

BACA SELENGKAPNYA DI SINI 

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/superskor/2019/01/02/persipura-diperkuat-mayoritas-skuat-lama-hadapi-musim-kompetisi-2019

Manajemen PS Tira Pastikan Cari Pengganti Nilmaizar

Posted: 01 Jan 2019 09:14 PM PST

TRIBUNNEWS.COM - PS Tira tidak memperpanjang kontrak Nilmaizar sebagai pelatih.

Hal itu karena pelatih asal Payakumbuh itu memilih fokus bertarung di dunia politik.

Nilmaizar sekarang ini masuk Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif Dapil Sumatera Barat II DPR RI periode 2019-2024.

Nilmaizar langsung fokus berkampanye setelah sukses menyelamatkan PS Tira dari zona degradasi.

Kebetulan kontrak dengan PS Tira juga sudah habis.

Sekretaris PS Tira, Yandri mengatakan pihaknya memang harus mencari pelatih baru.

"Kalau pelatih sudah pasti ganti, karena coach Nilmaizar sudah memutuskan bertarung di pemilihan umum legislatif," ucap Yandri.

Soal siapa penggantinya, Yandri mengungkapkan kalau manajemen belum memutuskan.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/superskor/2019/01/02/manajemen-ps-tira-pastikan-cari-pengganti-nilmaizar

Inilah 4 Mantan Pemain Persib Bandung yang Layak Kembali ke Kota Kembang

Posted: 01 Jan 2019 08:59 PM PST

TRIBUNNEWS.COM - Persib Bandung tak terlihat aktif dalam bursa transfer menjelang Liga 1 2019.

 Sejauh ini, klub berjulukan Maung Bandung itu belum mengikat satu pemain anyar.

Hanya saja Persib Bandung sudah melepas beberapa pemain di Liga 1 musim 2018.

Termasuk dua pemain asingnya, yakni Oh In-kyun dan Jonathan Bauman.

Manajemen Maung Bandung sempat mengaku telah melakukan nego dengan beberapa bidikan.

Namun sejauh ini belum ada pengumuman nama yang muncul menjadi senjata anyar Persib.

Jika tak ingin memutar otak lebih kencang, rasanya sangat mudah bagi manajemen Maung Bandung mendapat pemain berkualitas.

Persib memiliki mantan pilar yang punya kualitas apik dan melanglang buana bersama tim-tim besar.

Nama-nama tersebut layak dipulangkan ke Kota Kembang jika manajemen ingin mewujudkan kerangka idaman.

Baca Selengkapnya

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/superskor/2019/01/02/inilah-4-mantan-pemain-persib-bandung-yang-layak-kembali-ke-kota-kembang

Diduga Penyakit Tekanan Darah Tinggi Kumat dan Tidak Sempat Ditolong, Bakti Ditemukan Membusuk

Posted: 01 Jan 2019 08:59 PM PST

Laporan Wartawan Banjarmasin Post Jumadi

TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Penyebab kematian Bakti (58) yang ditemukan dalam kondisi membusuk, di lampau, Desa Sampurna, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Batola (Kalsel), Selasa (1/1/2019) siang kemarin perlahan terungkap. 

Kuat dugaan, korban mengalami tekanan darah tinggi sebelum ditemukan meninggal di tempat tinggalnya.

Kapolres Batola melalui Kapolsek Jejangkit, Iptu H Gunadi Budiono, Rabu (2/1/2019) mengatakan, untuk korban atau jenazah sudah dibawa pulang keluarganya, Selasa (1/1/2019) malam.

Jenazah tidak jadi dilakukan otopsi dan hanya dilakukan visum luar saja.

"Setelah selesai divisum, jenazah dibawa pulang oleh pihak keluarga untuk dimakamkan," ungkap Kapolsek Jejangkit.

Baca: Nia Ramadhani Tercengang Saat Ardi Bakrie Ungkap Theresa Wienathan Orang ke-3, Sahabat Katakan Ini

Diberitakan sebelumnya, geger temuan mayat seorang lelaki yang sudah membusuk, ternyata bernama Bakti. Korban berumur sekitar 58 tahun. Korban sehari-harinya sebagai petani.

Korban ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa di Desa Sampurna, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Batola (Kalsel), Selasa (1/1/2019) siang sekitar pukul 11.00 Wita.

Korban pertama kali ditemukan oleh adiknya bernama Ahmad (56). Selama ini korban berdomisili di Desa Ambubun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/02/diduga-penyakit-tekanan-darah-tinggi-kumat-dan-tidak-sempat-ditolong-bakti-ditemukan-membusuk
Share:

0 Comments:

Post a Comment