Tuesday, October 2, 2018

Ajian Mata

Ajian Mata


Kisah Atlet Paralayang Saat Gempa Guncang Palu

Posted: 02 Oct 2018 01:16 AM PDT

Atlet paralayang asal Kota Batu, Gigih Iman, tampak tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Sesekali air matanya menetes saat menceritakan kejadian yang ia alami beberapa waktu lalu. Gigih bersama para atlet paralayang lainnya berada di palu untuk mengikuti kejuaraan paralayang dalam acara Festival Pesona Palu Nonomi 2018. Gigih menceritakan, saat gempa terjadi dirinya dan rekannya yang berada di lantai tujuh hotel Roa-Roa dan berusaha menyelamatkan diri melalui tangga darurat. Karena besarnya goncangan yang ia rasakan sebabkan dirinya hingga tidak sadarkan diri. Sementara proses evakuasi masih berlangsung di hotel Roa-Roa, tim SAR akhirnya kembali menemukan 2 jenazah yang teridentifikasi sebagai 2 atlet paralayang bernama Petra Mandagi dan Gleen Mononutu. Kedua jenazah langsung dikonfirmasi identitasnya oleh kelurga yang langsung melihat jenazahnya.

Ikuti kami di

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/kisah-atlet-paralayang-saat-gempa-guncang-palu

Pemerintah Sampaikan Hasil Rapat Penanganan Gempa Palu

Posted: 02 Oct 2018 01:01 AM PDT

Dalam rapat penanganan terhadap bencana alam yang melanda Sulawesi Tengah, Presiden menekankan untuk segera melakukan normalisasi terhadap roda kehidupan masyarakat yang terkena dampak bencana alam. Selain itu Presiden juga menginstruksikan untuk melakukan proses evakuasi dengan cepat. Namun, proses evakuasi terhambat karena minimnya alat berat dan medan yang sulit dilalui. Pemerintah juga melakukan evakuasi di Perumnas Balaroa yang mengalami likuifaksi tanah.

Ikuti kami di

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/pemerintah-sampaikan-hasil-rapat-penanganan-gempa-palu

Jelang Asian Para Games 2018, Atlet Jalani Kualifikasi Mulai Selasa Ini

Posted: 02 Oct 2018 01:01 AM PDT

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbeda dengan Asian Games 2018, para atlet Asian Para Games 2018 terlebih dulu harus melalui kualifikasi yang menentukan jenis kelas ketika bertanding nanti.

Proses kualifikasi itu akan dilakukan pada Selasa (2/10/2018) hingga Jumat (5/10/2018).

Proses klasifikasi ini merupakan persyaratan wajib yang harus diikuti oleh setiap atlet yang akan berlaga di Asian Para Games 2018.

"Seluruh proses klasifikasi akan selesai tanggal 5 oktober. Inilah perbedaan antara Asian Games dan Asian Para Games. Jumlah atlet masih dapat berubah setelah klasifikasi," kata dr Christofer Muliadi, Direktur Klasifikasi Inapgoc.

Tujuan dari klasifikasi adalah untuk mengelompokkan para atlet berdasarkan jenis dan tingkat disabilitasnya. 

Dalam Asian Para Games kali ini setiap atlet akan dikelompokkan menjadi tiga, yaitu Physical Impairment (PI) untuk atlet disabilitas daksa, Visual Impairment (VI) bagi atlet disabilitas netra, dan Intellectual Impairment (II) untuk atlet disabilitas intelektual.

Baca : Sanksi Denda hingga Partai Usiran di Kalimantan, Persib Bandung Dikabarkan Bakal Ajukan Banding

Setiap atlet akan mengikuti klasifikasi di venue masing-masing cabang olahraga, kecuali untuk beberapa cabor. 

Venue para atletik di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sedangkan klasifikasinya dilakukan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

Cabang olahraga angkat berat akan dipertandingkan di Balai Sudirman, tetapi klasifikasinya dilakukan di Gelanggang Remaja Jakarta Utara.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/asian-paragames/2018/10/02/jelang-asian-para-games-2018-atlet-jalani-kualifikasi-mulai-selasa-ini

Dewa Yoga Atlet Gateball Diduga Tertimbun Reruntuhan Hotel Roa-Roa

Posted: 02 Oct 2018 12:46 AM PDT

TRIBUNNEWS.COM, PALU - Dewa Gede Yoga Nata Kusuma, warga Banjar Tegal Ambengan, Dusun Sakeh, Sudimara, Tabanan, Bali, dikabarkan masih tertimbun reruntuhan di Hotel Roa-Roa, Palu.

Dewa Yoga adalah staf di Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah II Denpasar. Pria kelahiran 16 Mei 1980 ini juga merupakan seorang atlet gateball.

Baca: Roro Fitria Cerita Kondisi Pretty Asmara, Katanya Kurusan

Menurut Supervisor Ticketing KBA Tur Cabang Gatsu, Yuni Yudianti, Senin (1/10) sore, Dewa Yoga berangkat dari Denpasar ke Palu dengan pesawat Garuda Indonesia pada 28 September 2018 pagi. Dijadwalkan tiba di Palu pukul 15.15 Wita.

"Berangkat bersama dua teman kantornya yaitu Bapak Muhdi Riyanto dan I Wayan Setiadi. Beliau reservasi dua kamar hotel. Satu kamar untuk Pak Muhdi dan Pak Setiadi, dan satu kamar untuk beliau sendiri," tutur Yuni kepada Tribun Bali, kemarin.

KBA Tur menjalin kerjasama travel dengan instansi Dewa Yoga. Dan, Yuni sendiri yang mengurus pesanan tiket hingga penginapan untuk klien yang sudah menjadi langganan tetapnya itu.

Baca: Rupiah Tembus Rp 15.000 per Dolar AS, Ini Kata Pengamat

"Pada saat transit di Ujung Pandang (Makassar, red), beliau sempat mengirim foto selfie-nya di pesawat Garuda. Dia senang katanya flight-nya di upgrade ke bussines class. Kita jawab wah senangnya. Selamat ya pak. Terus dia bilang rejeki anak baik-baik. Nah tiba di Palu mereka langsung menuju hotel untuk check in," tutur Yuni, sembari menambahkan Dewa Yoga rencana pesan tiket kembali ke Bali tanggal 1 Oktober 2018.

Sesuai jadwal, rombongan Dewa Yoga tiba di Palu pukul 15.15 WITA. Dewa Yoga dan dua rekannya kemudian menginap di Hotel Roa-Roa, salah satu hotel terbesar di Kota Palu.

Pukul 17.02 WIB atau 18.02 Wita, gempa dahsyat dengan kekuatan 7,4 SR mengguncang Palu dan Kabupaten Donggala.

Berselang 30 menit kemudian, terjadi tsunami dengan ketinggian 3-6 meter yang menyapu Kota Palu

Tiga hari setelah bencana alam tersebut, baru diketahui Dewa Yoga menjadi korban gempa dan tsunami Palu.

Pasalnya, hingga kemarin sore keberadaannya tidak diketahui alias hilang. Ia diduga tertimbun reruntuhan di Hotel Roa-Roa.

Simak video di atas. (*)

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Dewa Yoga Atlet Gateball BPJN II Denpasar Tertimbun Reruntuhan Hotel Roa-Roa, Begini Kondisinya

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/dewa-yoga-atlet-gateball-diduga-tertimbun-reruntuhan-hotel-roa-roa

Pertamina Kalimantan Kirim 20 Operator SPBU ke Wilayah Bencana di Sulteng

Posted: 02 Oct 2018 12:46 AM PDT

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan mengirimkan tenaga perbantuan operator SPBU sebanyak 20 orang guna mendukung operasional SPBU di wilayah bencana Sulawesi.

Para operator ini akan ditugaskan menggantikan sementara operator setempat yang menjadi korban gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9/2018) lalu.

Rombongan dilepas oleh Pjs General Manager Pertamina MOR VI Muhamad Resa, Minggu (30/9/2018) di Kantor Pertamina MOR VI Jalan Yos Sudarso No. 148 Balikpapan Tengah.

Region Manager Comm. & CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Nugraha menyatakan sejak terjadinya gempa dan tsunami beberapa hari lalu kegiatan penjualan BBM di SPBU Pertamina memang sempat terkendala.

Karena itu selain mengirimkan pasokan BBM alternatif menggunakan pesawat udara jenis Air Tractor dari Tarakan Kalimantan Utara, Pertamina Kalimantan juga mengerahkan tenaga bantuan operator SPBU guna memberikan kesempatan bagi operator setempat yang menjadi korban untuk fokus pulih dari bencana.

Baca: Dua Atlet Paralayang Sulut Jadi Korban Gempa Palu, Jenazah Gleen Ditemukan di Tangga Hotel

Operator SPBU ini berasal dari 3 kota yakni Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara.

"Unit operasi Pertamina dari seluruh Indonesia akan berupaya semaksimal mungkin memberikan dukungan, baik dalam hal operasional distribusi bahan bakar untuk masyarakat, maupun bantuan logistik yang akan disalurkan langsung kepada para korban," kata Yudi dalam rilisnya yang disampaikan kepada Tribunnews, Selasa (2/10/2018).

Rombongan operator ini diberangkatkan pada Minggu (30/9/2018) pukul 19.00 Wita dengan menggunakan 2 pesawat komersil dari Balikpapan untuk bertolak ke Kota Gorontalo.

Di sana, mereka akan berkumpul dengan tenaga perbantuan dari wilayah operasi Pertamina lainnya dan mengikuti arahan dari Pertamina MOR VII terkait lokasi-lokasi kerja yang harus mereka isi.

"Sesuai info yang kami dapat dari Pertamina MOR VII, khusus untuk operator SPBU akan terlebih dahulu ditugaskan di SPBU yang berada di Kota Palu. Para operator ini akan bertugas selama maksimal 1 minggu guna menghindari permasalah psikologis seperti stres yang mungkin dihadapi di tengah wilayah bencana," tambah Yudi.

Baca: Cerita Martin Nyaris Dimangsa Buaya Setelah Tak Sengaja Menginjak Kepala Hewan Buas Itu

Sama halnya dengan bencana di Lombok beberapa waktu lalu, Yudi menjelaskan pihaknya bersama-sama dengan wilayah operasi Pertamina lainnya akan mengirimkan bantuan, baik yang berasal dari perusahaan maupun yang dikumpulkan dari para pekerja secara sukarela.

Tenaga relawan yang berasal dari pekerja Pertamina saat ini dalam proses pengumpulan guna membantu pemulihan fiksik maupun psikologis.

Caranya adalah dengan menggelar kegiatan trauma healing yang dipusatkan di Posko Pertamina Peduli di wilayah bencana.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/pertamina-kalimantan-kirim-20-operator-spbu-ke-wilayah-bencana-di-sulteng

KJRI Sydney Apresiasi Langkah Kemenpar

Posted: 02 Oct 2018 12:31 AM PDT

Sama dengan apa yang disampaikan Dubes RI di Wellington New Zealand, Tantowi Yahya, Genwi –Generasi Wonderful Indonesia—bisa menjadi kekuatan promosi Pariwisata Indonesia. Bahkan bukan hanya Pariwisata, tetapi juga perdagangan (trade) dan investasi.

KJRI Sydney melalui Hermanus Dimara, Pensosbud KJRI Sydney juga memberikan apresiasi dan mendukung penuh upaya melibatkan seluruh kekuatan Indonesia di Australia.

“Langkah digitalisasi yang dilakukan Kemenpar ini sangat strategis. Saya tahu, bukan hanya Indonesia yang menggunakan Sosial Media untuk mempromosikan keunggulan atraksi dan destinasi wisatanya. Banyak Negara sudah gencar memanfaatkan media social untuk promosi, dan itu betul,” ungkap Hermanus saat menyampaikan pidatonya di depan mahasiswa Australia yang tergabung dalam PPIA, Perhimpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia di Australia.

Menurut Hermanus, kita sudah punya modal, ada 76 ribu masyarakat Indonesia di Australia. Dulu namanya Diaspora, tetapi saat ini disebut masyarakat Indonesia yang tinggal menetap di mancanegara.

“Juga banyak friends of Indonesia, pelajar sekolah international yang belajar budaya dan bahasa Indonesia. Mereka berpotensi menjadi duta-duta Indonesia di Australia,” kata Hermanus.

“Saya percaya, apa yang teman-teman mahasiswa siapkan untuk membangu promosi melalui media social itu adalah bagian dari sumbangan terhadap pembangunan nasional Indonesia,” ujar Hermanus lagi.

Komposisi masyarakat Indonesia di Australia sendiri, yang terbesar bermukim di NSW –di dalamnya termasuk Sydney—ada 35 ribu orang. Lalu Queensland, seperti Brisbane dan Gold Coast mencapai 5 ribu.

Di selatan 4 ribu sampai 5 ribu orang. Itu adalah modalitas yang cukup besar untuk membuat Pariwisata kita semakin ngetop di Negeri Kanguru ini.

Dia juga menjelaskan, diplomasi itu secara formal memang dilakukan oleh para diplomat yang bekerja di KBRI dan KJRI. Tetapi, pekerjaan diplomasi itu bukan hanya tugas para diplomat saja. Jika ingin efektif, maka seluruh potensi yang ada harus bergerak secara bersama-sama.

“Kalian semua, bersama masyarakat Indonesia adalah duta-duta bangsa, yang bisa memviralkan potensi Wonderful Indonesia,” tuturnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2018/10/02/kjri-sydney-apresiasi-langkah-kemenpar

LIPI: Banyak Daerah Alokasikan Anggaran Pengurangan Resiko Bencana Hanya 0,1 Persen dari APBD

Posted: 02 Oct 2018 12:30 AM PDT

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Eko Yulianto menyatakan permasalahan utama pengurangan resiko bencana di Indonesia adalah pengalokasian anggaran di dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

Menurutnya masih banyak daerah yang mengalokasikan anggaran pengurangan resiko bencana hanya sebesar 0,1 persen.

“Permasalahan pertama upaya pengurangan resiko bencana adalah tidak diikutingan peningkatan anggaran nasional dengan anggaran pengurangan resiko bencana di daerah, banyak daerah yang mengalokasikan dana untuk itu hanya sebesar 0,1 persen dari APBD,” ungkapnya di Kantor LIPI, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Eko mencontohkan gempa bumi Padang tahun 2009 lalu yang menimbulkan kerugian mencapai Rp 21 triliun.

Sedangkan ia mengungkapkan bahwa anggaran untuk BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Padang hanya berkisar Rp 2,1 miliar sampai Rp 3,6 miliar pada tahun 2010-2013.

“Coba saja bayangkan berapa tahun yang dibutuhkan untuk mengganti kerugian itu,” katanya.

Eko menegaskan padahal setiap satu rupiah yang dikeluarkan untuk pengurangan resiko bencana bisa menghemat Rp 4 yang dikeluarkan untuk penanganan usai bencana.

Eko menyatakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki nilai-nilai yang bisa dikedepankan untuk menanggulangi terbatasnya anggaran untuk pengurangan resiko bencana.

“Misal membuat jalur untuk lomba lari maraton sekalian sebagai jalur evakuasi bila terjadi gempa bumi atau tsunami, tapi yang lebih penting adalah membangun kesiapan evakuasi mandiri oleh masyarakat,” ujarnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/lipi-banyak-daerah-alokasikan-anggaran-pengurangan-resiko-bencana-hanya-01-persen-dari-apbd

Mayangsari Posting Foto Liburan dan Rekan artis Langsung Merespon, Cara Balas Komentar Jadi Sorotan

Posted: 02 Oct 2018 12:15 AM PDT

TRIBUNNEWS.COM - Sejak menikah dengan Bambang Trihatmojo, penyanyi Mayangsari seakan hilang dari dunia tarik suara yang telah membesarkan namanya.

Seperti yang diketahui, kisah cinta Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo pernah menggemparkan publik 18 tahun yang lalu.

Mayangsari selalu dibicarakan oleh publik dan netizen Indonesia.

Sampai-sampai ada sebutan khusus yang disematkan netizen kepada penyanyi wanita yang populer di era 1990-an ini.

Sejak 5 tahun belakangan, media sosial Instagram seperti semakin digandrungi.

Sayangnya, sejak Instagram menjadi alat bagi publikasi artis, Mayangsari tak termasuk sebagai penggunanya.

Tapi, akhirnya ia mulai menjajal media sosial tepatnya pada bulan September lalu.

Baca halaman selanjutnya >>>>>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/seleb/2018/10/02/mayangsari-posting-foto-liburan-dan-rekan-artis-langsung-merespon-cara-balas-komentar-jadi-sorotan

6 Tips Membuat Video Traveling Bagi Pemula: Tentukan Konsep dan Tema Perjalanan yang Menarik

Posted: 02 Oct 2018 12:15 AM PDT

TribunTravel.com/rizkytyas

TRIBUNTRAVEL.COM - Saat ini traveling menjadi kegiatan paling diminati hingga menjadi bagian dari gaya hidup setiap individu.

Selain untuk bersenang-senang, traveling juga bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Mulai dari menjadi seleb travel, travel influencer, jasa titip (jastip) bagi merela yang hobi jalan-jalan sambil belanja, pemandu wisata, jasa fotografi hingga vlogger.

Tak lengkap rasanya jika kita pergi jalan-jalan tanpa mengabadikan momen lewat foto atau video.

Bahkan, banyak dari kita suka memposting kegiatan liburan di akun media sosial lewat foto dan video semenarik mungkin.

Tak sedikit pula yang menggunakan video dan foto perjalanan untuk menghasilkan uang.

Sama seperti ketika kita melihat video yang dibuat seleb travel atau travel influencer di Instagram.

Video dan foto-foto mereka terlihat keren dan sangat menggiurkan sehingga menarik para pengikutnya untuk pergi ke tempat tersebut.

Untuk itu, kamu harus menghasilkan video yang baik sehingga menarik minat orang untuk melihatnya.

Membuat vlog video perjalanan tidak susah.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/travel/2018/10/02/6-tips-membuat-video-traveling-bagi-pemula-tentukan-konsep-dan-tema-perjalanan-yang-menarik

Pelaku Vandalisme Gerbong MRT Diduga Komunitas Bomber

Posted: 01 Oct 2018 11:45 PM PDT

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT MRT Jakarta Wiliam Sabandar mengatakan bahwa aparat kepolisian telah berhasil mengantongi identitas pelaku Vandalisme MRT di Depo Lebak Bulus, beberapa waktu lalu.

"Kita kerjasama terus dengan kepolisian menurut pihak kepolisian pelaku sudah diidentifikasi," kata Wiliam di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Baca: Kiper Keturunan Indonesia Sukses Bawa Sampdoria Kembali ke Jalan yang Benar

Dari hasil indentifikasi, pelaku vandalisme diduga berasal dari komunitas Seni Jalanan atau Bomber.

"Kelihatannya gitu (pelaku bomber). Tapi kan ini benar-benar harus tunggu dari pihak kepolisian seperti apa," ujar Wiliam.

Baca: Polres Karanganyar Buru Sindikat Pengedar Uang Palsu

Sementara untuk meningkatakan keamaan di sekitar Dipo MRT Labak Bulus, Wiliam mengatakan pihaknya telah menambah sebanyaknya 14 kemera CCTV.

"CCTV udah ada 14 CCTV dipasang. Sebelumnya ada empat," ujar Wiliam.

Wiliam pun mempercayakan seluruh proses pengusutan kasus vandalisme tersebut kepada aparat penegak hukum.

"Kita tunggu saja proses selanjutnya pokonya kita percaya dengan proses kepolisian kita mengucpakan terimakasih kepada polsek Cilandak, Polres Jaksel, PMJ, benar-benar jadi infonya sudah jelas prosesnya cuma prosesnya masih dipihak kepolisian," ujar Wiliam.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2018/10/02/pelaku-vandalisme-gerbong-mrt-diduga-komunitas-bomber

Ini Bedanya Foto yang Diunggah untuk Daftar Akun di sscn.bkn.go.id dan Instansi di CPNS 2018

Posted: 01 Oct 2018 11:45 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 telah berlangsung sejak 26 September 2018.

Pendaftaran online CPNS 2018 akan berlangsung hingga 10 Oktober 2018.

Seluruh pendaftaran terintegrasi melalui satu portal Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau sscn.bkn.go.id.

Artinya, tak ada pendaftaran yang dilakukan secara mandiri oleh satu instansi.

Dari itu setiap calon pelamar wajib memiliki akun SSCN sebelum mendaftar ke instansi yang dituju.

Pelamar diwajibkan mengisi biodata hingga mengunggah dokumen persyaratan.

Salah satu data yang wajib diunggah adalah foto diri.

Selama pendaftaran setidaknya ada dua foto yang diunggah.

Simak halaman selengkapnya--------->>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/ini-bedanya-foto-yang-diunggah-untuk-daftar-akun-di-sscnbkngoid-dan-instansi-di-cpns-2018

Sepasang Remaja Mesum di Belakang Rumah Dinas Wabup Bekasi, Tak Bisa Mengelak Usai Ditunjukkan Bukti

Posted: 01 Oct 2018 11:30 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM - Sepasang remaja diduga melakukan perbuatan asusila di belakang rumah dinas wakil bupati Bekasi di Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi. 

Menurut unggahan akun Facebook Carol Bangun di group Aliansi Sekular Indonesia, Senin (1/10/2018), ketika diperiksa, dua remaja tersebut awalnya mengelak. 

Namun, usai petugas mendapati kain buff yang terdapat bercak sperma, keduanya tak bisa mengelak lagi. 

Melansir Wartakotalive.com, dua remaja tersebut dipergoki pada Senin (1/10/2018) siang. 

BACA DAN TONTON VIDEO SELENGKAPNYA DI SINI >>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2018/10/02/sepasang-remaja-mesum-di-belakang-rumah-dinas-wabup-bekasi-tak-bisa-mengelak-usai-ditunjukkan-bukti

Peringati Hari Guru Sedunia, Kemendikbud Gelar Lokakarya Nasional

Posted: 01 Oct 2018 11:30 PM PDT

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memperingati Hari Guru Sedunia atau World Teacher's Day 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kerjasama dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) dan Kantor Perwakilan UNESCO Jakarta.

Ketiganya sepakat untuk menyelenggarakan Lokakarya Nasional bertema 'Hak atas Pendidikan berarti Hak untuk Guru dan Tenaga Kependidikan yang Berkualitas'.

Baca: Peringati Ulang Tahun Pertama, Komunitas X-MOC Gelar Jambore Nasional

Acara digelar di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).

Pantauan Tribunnews.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, membuka acara tersebut.

"Hari Guru Sedunia dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 5 Oktober, tahun ini merupakan tahun pertama Indonesia turut merayakan Hari Guru Sedunia, dan bertepatan juga dengan dikukuhkannya batik sebagai Warisan Tak Benda oleh UNESCO," ujar Muhadjir, di lokasi, Selasa (2/10/2018).

Baca: Ferdinand Hutahaean Berikan Update Terbaru Kondisi Ratna Sarumpaet Usai Pengeroyokan

Ia mengatakan lokakarya ini dihadiri lebih dari 350 peserta dari seluruh Indonesia, yang terdiri atas guru dan tenaga kependidikan, kementerian dan lembaga, UN agencies, universitas, masyarakat sipil dan sekolah, serta lembaga Internasional.

Acara lokakarya ini, kata dia, akan diisi dengan panel presentasi oleh para pakar di bidang pendidikan dan pemerintahan.

Selain itu, juga ada gelar wicara yang menampilkan guru dan tenaga kependidikan berprestasi.

"Mereka akan berbagi tentang inovasi dan kreatifitas mereka dalam melaksanakan proses belajar mengajar serta kemampuan mereka untuk terjun di kancah internasional," katanya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/peringati-hari-guru-sedunia-kemendikbud-gelar-lokakarya-nasional

Promo Hari Batik Nasional, Cukup Pakai Batik Dapatkan Diskon Ayam Goreng hingga Servis Motor Gratis!

Posted: 01 Oct 2018 11:15 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM - Hari Batik Nasional diperingati hari ini, Selasa (2/10/2018).

Beragam promo ditawarkan di media sosial untuk memperingati Hari BatikNasional 2018.

Promo Hari Batik Nasional berlaku untuk produk makanan, minuman, jasa, hingga wisata keluarga.

Tak hanya potongan harga, kamu pun bisa mendapatkan produk secara gratis di Hari Batik Nasional ini.

Berikut beberapa promo menarik di Hari Batik Nasional.

1. Pakai Batik Bisa Beli Ayam Goreng Lebih Murah

Promo ini dibagikan oleh restoran cepat saji Burger King di akun Instagramnya, @burgerking.id.

Lanjut ke Halaman Berikutnya

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/promo-hari-batik-nasional-cukup-pakai-batik-dapatkan-diskon-ayam-goreng-hingga-servis-motor-gratis

Beberapa Tokoh Pertanyakan Kondisi Ratna Sarumpaet usai Dikabarkan Dipukuli hingga Babak Belur

Posted: 01 Oct 2018 11:00 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM - Aktivis Ratna Sarumpaet kembali menjadi perbicangan lantaran viral dikabarkan mengalami penganiayaan oleh sejumlah orang hingga babak belur.

Dari foto yang beredar, wajah yang diduga Ratna Sarumpaet tampak lebam.

Ratna terlihat berada di kamar perawatan rumah sakit.

Terkait dengan hal ini, sejumlah tokoh menanyakan kebenaran berita tersebut.

BACA DAN TONTON VIDEO SELENGKAPNYA DI SINI >>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/beberapa-tokoh-pertanyakan-kondisi-ratna-sarumpaet-usai-dikabarkan-dipukuli-hingga-babak-belur

Kisah Haru Pramugari Garuda Indonesia Berjuang Selamatkan Diri dari Gempa dan Tusnami Palu

Posted: 01 Oct 2018 11:00 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM - Gempa dan tsunami Palu serta Donggala pada Jumat (28/9/2018) memakan ratusan korban jiwa.

Peristiwa gempa dan tsunami Palu-Donggala itu pun langsung menjadi perhatian seluruh masyarakat Indonesia.

Pemerintah juga tak tinggal diam.

Berbagai bantuan disalurkan kepada korban gempa dan tsunami Palu-Donggala.

Dari ratusan korban jiwa itu, beberapa di antaranya mengalami luka-luka.

Peristiwa gempa dan tsunami Palu-Donggala itu tentu membuat kepanikan warga di lokasi.

Seperti halnya yang dirasakan seroang pramugari Garuda Indonesia, Tria Utari.

Pramugari Tria Utari bersama enam rekan cabin attendant (seluruh crew pesawat) landing di Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu Sulawesi Tengah Jumat sore.

Tria Utari kemudian bergegas menuju hotel untuk bermalam.

Pramugari Tria Utari tiba hotel sekira pukul 17.00 WIB.

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/kisah-haru-pramugari-garuda-indonesia-berjuang-selamatkan-diri-dari-gempa-dan-tusnami-palu

Soal Ratna Saraumpaet Dianiaya, Polisi : Sumbernya Dari Siapa, Dimana dan Kapan?

Posted: 01 Oct 2018 10:45 PM PDT

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG-Polisi belum memastikan kevalidan informasi soal penganiayaan Ratna Sarumpaet, yang disebut-sebut dianiaya di Kota Bandung pada 21 September. Informasi itu terkuak saat akun Facebook Jodhi Yudoyono memposting foto diduga mirip Ratna Sarumpaet hari ini, Selasa (2/10).

"Belum ada laporan, itu sumbernya dari mana dan siapa, pastikan dulu," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko via ponselnya, Selasa (2/10/2018).

Baca: Kepsek Ini Curiga Tangan 56 Muridnya Penuh Sayatan, Ternyata Mereka Mengonsumsi Benda Ini

Sejumlah politisi di Jakarta memberikan pernyataan yang membenarkan kejadian tersebut. Namun, mereka tidak menjelaskan dimana kejadian dan waktu kejadian tersebut. Dengan diketahui dimana kejadiannya, kata dia, dia bisa mengecek ke jajarannya.

"Iya, kejadiannya dimana dan kapan. Kalau ada, kan bisa dicek kejajaran Terpenting sumbernya dari mana‎," ujar dia.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2018/10/02/soal-ratna-saraumpaet-dianiaya-polisi-sumbernya-dari-siapa-dimana-dan-kapan

Mobil Marko Simic Tabrak Mobil Polisi yang Sedang Kehabisan Bensin

Posted: 01 Oct 2018 10:45 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyerang asing Persija, Marko Simic, menabrak mobil dinas polisi dari kesatuan Pam Obvit di jalan layang Simpang Susun Semanggi arah Selatan tepatnya di depan Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Senin (1/10/2018) malam.

Mobil Mitsubishi Lancer milik anggota kepolisian ditabrak saat dalam keadaan berhenti karena kehabisan bensin.

Baca: Polisi Didesak Bongkar Kasus Penganiayaan Terhadap Ratna Sarumpaet

"Pada saat terjadinya kecelakaan lalu lintas kendaraan mobil dinas Pam Obvit (Mitsubishi Lancer ) Nomor polisi 15712-VII yang dikemudikan oleh Jufrizal sedang berhenti di sisi kiri jalan tepat di depan Balai Sarbini karena sedang mengalami gangguan teknis (habis bensin)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Selasa (2/10/2018).

Kendaraan polisi tersebut tertabrak kendaraan Toyota Land Cruiser milik Simic yang melaju dari arah utara menuju ke arah Selatan.

Sebelumnya diberitakan, bomber Persija Jakarta, Marko Simic, mengalami kecelakaan pada Senin 1 Oktober 2018 malam.

Baca: Cara Ini Bisa Dilakukan Agar Turing Tidak Cepat Lelah

Insiden ini terjadi di kawasan Semanggi, Jakarta.

Kabar ini beredar setelah ada foto yang tersebar luas di pesan berantai whatsapp para pewarta.

Dalam foto-foto itu, mobil hitam berjenis Toyota Land Cruiser yang memiliki gambar macan ala Persija Jakarta di pintu sebelah kanan mengalami rusak parah.

Bagian bumper kiri mobil bernomor polisi B 1250 MO tersebut ringsek.

Terlihat juga bagian bannya hampir lepas. (Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi)

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/superskor/2018/10/02/mobil-marko-simic-tabrak-mobil-polisi-yang-sedang-kehabisan-bensin

Adelia Pasha Sebut Kondisi Korban Gempa Palu Tak Kondusif : 'Masyarakat Mulai Marah-marah'

Posted: 01 Oct 2018 10:30 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM -- Pasca gempa di Palu yang terjadi empat hari lalu, Jumat (28/9/2018), Adelia Pasha mengungkapkan bahwa kondisi korban kini tak lagi kondusif.

Melalui laman Instgramnya, Adelia menceritakan bahwa masyarakat yang menjadi korban gempa di Palu kondisinya kini mulai kelaparan.

Tak hanya kelaparan, masyarakat yang menjadi bencana gempa itu pun nyatanya kini juga kehausan sebab stok air yang semakin menipis.

Karenanya, istri dari Pasha Ungu itu mengaku bahwa masyarakat di Palu kini tak lagi kondusif.

Sebab temperamen mereka tiba-tiba saja meninggi akibat kekurangan kebutuhan pasca gempa di Palu.

"Disini keadaan mulai tidak kondusif, Masyarakat mulai marah-marah mungkin dampak dari mereka kelaparan dan kehausan," tulis Adelia Pasha.

Padahal menurut Adelia, seluruh pihak telah berusaha memenuhi kebutuhan para korban gempa.

Pun dengan dirinya dan sang suami selaku pejabat petinggi di daerah tersebut yang juga menjadi korban.

Karenanya, Adelia Pasha pun meminta kepada masyarakat korban gempa di palu untuk bisa meredam emosinya.

Serta tidak membuat kerusuhan.

Halaman berikutnya =====>>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2018/10/02/adelia-pasha-sebut-kondisi-korban-gempa-palu-tak-kondusif-masyarakat-mulai-marah-marah

Hakim Cecar Aziz Syamsuddin: Pernah Terima Uang e-KTP ?

Posted: 01 Oct 2018 10:30 PM PDT

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Aziz Syamsuddin hadir menjadi saksi dalam sidang korupsi e-KTP untuk terdakwa Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka, Selasa (2/10/2018) di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Dalam persidangan, Aziz sempat ditanya hakim mengetahui soal proyek e-KTP termasuk pernah menerima sesuatu dari proyek e-KTP tersebut.

Baca: Ungkap Kondisi Masyarakat Lapar Setelah Gempa, Istri Pasha Ungu Tak Ingin Tinggalkan Kota Palu

Merespon pertanyaan hakim, Aziz menjelaskan dia menjadi anggota DPR RI sejak 2009 sampai saat ini.

Selama itu pula, dia selalu ditempatkan di Komisi III.

"Saya sampai sekarang di komisi III, tidak tahu soal proyek e-KTP dan tidak pernah menerima sesuatu dari e-KTP," ucap Aziz.

Lebih lanjut soal pertanyaannya dengan terdakwa Irvanto, Aziz mengaku kenal dengan Irvanto sebagai pengurus Golkar dan keponakan dari Setya Novanto.

Baca: Beredar Video Hilda Vitria Mengaku Pilih Cowok Jelek tapi Kaya Saat Dulu Dihipnotis Uya Kuya

"Irvanto kan pengurus Golkar, kalau tidak salah Wabendum (Wakil Bendahara umum). Dia saudara dengan Setya Novanto. Sejak tahun 2004 saya masuk DPD, kalau ketemu Pak Setya Novanto, ada dia (Irvanto)," ‎ungkap Aziz.

Hakim pun menanyakan apakah Aziz mengetahui soal Irvanto yang membayar Rp 5 miliar untuk Rapimnas di Bogor, Jawa Barat.

Mendengar pertanyaan tersebut, ‎Aziz menjawab tidak tahu.

Baca: KPU Ingatkan Peserta Pemilu Tidak Menjadikan Bencana Sebagai Komoditas Politik

Sebelum bersaksi di Pengadilan Tipikor, Aziz pernah pula dipanggil KPK untuk penyidikan Irvanto di perkara korupsi e-KTP pada 6 Juni 2018 silam.

Diketahui Irvanto yang juga mantan Direktur PT Murakabi Sejahtera didakwa turut serta melakukan korupsu proyek e-KTP yang merugikan keuangan negara Rp 2,3 triliun.

Dia didakwa bersama-sama dengan pengusaha Made Oka Masagung.
Keduanya berperan menjadi perantara dalam pembagian fee proyek pengadaan barang atau jasa e-KTP untuk sejumlah pihak.

Irvanto dan Made Oka juga turut serta memenangkan perusahaan tertentu dalam proyek itu.

Mereka didakwa melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana ‎telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/hakim-cecar-aziz-syamsuddin-pernah-terima-uang-e-ktp

Inggris Kirimkan Tenaga Ahli dan Dana Bantuan Rp 38,5 Miliar untuk Gempa Sulteng

Posted: 01 Oct 2018 10:15 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Inggris mengirimkan sebanyak lima tenaga ahli kemanusiaan beserta dana bantuan senilai 2 juta poundsterling atau Rp 38,5 miliar untuk penanggulangan bencana gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Menteri Bantuan Luar Negeri Inggris, Penny Mordaunt menyampaikan duka mendalam terhadap dampak bencana yang terjadi pada Jumat (28/9/2018) lalu.

"Mengikuti permintaan dari Pemerintah Indonesia, kami mengerahkan tim penasihat kemanusiaan dari Inggris ke wilayah yang akan menggunakan keahlian tanggap bencana untuk membantu upaya koordinasi di lapangan," dikutip dari halaman resmi pemerintah Inggris Gov.Uk, Selasa (2/9/2018).

"Saya menambahkan 2 juta poundsterling dan perlengkapan bantuan dari Inggris untuk memenuhi kebutuhan mendesak orang-orang yang paling rentan bencana," imbuhnya.

Dilaporkan Telegraph, Senin (1/9/2018), pemerintah Inggris mempertimbangkan penggelaran aset operasional lainnya di Sulteng untuk lebih membantu upaya bantuan.

Selain itu, Angkatan Laut Kerajaan Inggris memiliki dua kapal di wilayah tersebut, sebuah helikopter dan sebuah pesawat RAF C-17 yang siaga membantu.

"Inggris menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada mereka yang terkena dampak gempa bumi dahsyat dan tsunami di Indonesia yang telah menyebabkan ratusan orang meninggal dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal serta membutuhkan bantuan," kata dia.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/internasional/2018/10/02/inggris-kirimkan-tenaga-ahli-dan-dana-bantuan-rp-385-miliar-untuk-gempa-sulteng

Dikabarkan Hamil, Nikita Mirzani: Nanti Juga Kelihatan

Posted: 01 Oct 2018 10:00 PM PDT

Laporan wartawan tribunnews.com, Wahyu Firmansyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Nikita Mirzani dikabarkan hamil, padahal saat ini ia sedang menjalankan proses perceraian dengan Dipo Latief.

Ketika dikonfirmasi Nikita pun menganggap jika dirinya hamil merupakan hal yang biasa karena masih memiliki suami.

"Kalau hamil pun kan ada lakinya berarti gak apa-apa dong nanti liat aja," ujar Nikita Mirzani saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (2/10/2018).

Nikita menganggap jika dirinya benar hamil pasti akan segera keliatan dari perutnya.

"Liat aja nanti juga keliatan kan 5-6 bulan juga pasti kelihatan," katanya.

"Nanti lihat aja bentar lagi juga gendut perut gue kalau emang hamil," tambahnya.

Jika memang hamil Nikita pun tidak mengetahui berapa bulan kehamilannya saat ini.

"Gak tahu lihat aja gua hamil apa nggak kan kalau hamil juga bukan hamil di luar nikah, bukan hamil sama laki orang terus kenapa," katanyam

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/seleb/2018/10/02/dikabarkan-hamil-nikita-mirzani-nanti-juga-kelihatan

Ukuran Dadanya Disindir Hotman Paris, Cinta Laura Banjir Dukungan

Posted: 01 Oct 2018 10:00 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM - Pengacara Hotman Paris menyindir soal ukuran dada pemain film Cinta Laura.

Hal tersebut terjadi, saat Cinta Laura menjadi bintang tamu di acara yang dipandu Hotman Paris, pada Senin (1/10/2018).

Hotman Paris mengatakan untuk ukuran pemain film, dada Cinta Laura terlalu kecil.

"Saya pikir untuk ukuran pemain film dada kamu terlalu kecil," ucap Hotman Paris santai.

Saat mengatakan hal tersebut, Hotman Paris nampak menyentuh dadanya sendiri.

Baca: Sindir Oknum Penegak Hukum yang Memihak, Sudjiwo Tedjo: 'Timbangan' Seperti Itu Akan Berat Sebelah

Baca: Pasca-Gempa dan Tsunami Palu, Sutopo Purwo Nugroho: Masyarakat Ambil BBM Sendiri di SPBU

Aksi menyindir ukuran dada itu diunggah Hotman Paris di media sosial, Instagram.

Ratusan komentar bernada sinis terlihat memenuhi unggahan tersebut.

Sebagian besar netizen menyanyangi sikap Hotman Paris yang mengejek bentuk tubuh Cinta Laura.

Namun reaksi Cinta Laura saat mendapat sindiran tak pantas itu banjir pujian.

BACA SELENGKAPNYA>>>>>

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/seleb/2018/10/02/ukuran-dadanya-disindir-hotman-paris-cinta-laura-banjir-dukungan

FFI 2018 Siapkan 23 Piala Berlapis Emas untuk Pemenang Piala Citra

Posted: 01 Oct 2018 09:45 PM PDT

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurul Hanna

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbeda dari tahun sebelumnya, Festival Film Indonesia (FFI) 2018 akan menyiapkan 23 piala berlapis emas. Piala tersebut disediakan untuk pemenang dari setiap kategori.

“Ada 23 kategori. 23 itu keseluruhan kategorinya kami berikan lapis emas,” ujar Nickole perwakilan dari The Palace Jewelry, dalam jumpa pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

Dikatakan Nickole, butuh waktu kurang lebih 6 bulan untuk mengerjakan keseluruhan piala berlapis emas.

Pada 2017 lalu, seluruh Piala Citra hanya berbahan akrilik tanpa lapisan emas.

“Karena tahun lalu kami ada keterbatasan waktu,” lanjut Lukman Sardi, ketua Komite FFI (2018-2020).

Semula sejak awal digelar, Piala Citra FFI sudah berlapis emas.

Namun, desain pialanya beberapa kali berganti, karena ajang penghargaan tersebut pernah terhenti. Sehingga saat kembali digelar, Piala Citra tak lagi berlapis emas.

Dua tahun lalu, Panitia FFI pernah membagikan Piala Citra berlapis emas. Namun, hanya satu piala yakni Piala Citra untuk kategori Film Terbaik 2016.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/seleb/2018/10/02/ffi-2018-siapkan-23-piala-berlapis-emas-untuk-pemenang-piala-citra

Ratna Sarumpaet Dikabarkan Dipukuli Orang Tidak Dikenal Hingga Wajahnya Lebam di Bandung

Posted: 01 Oct 2018 09:45 PM PDT

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktivis perempuan Ratna Sarumpaet dikabarkan dipukuli orang tidak dikenal.

Beredar di jejaring sosial foto wajah Ratna Sarumpat dengan muka penuh lebam dan luka.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan foto tersebut.

Baca: Roda Depan Mobil Marco Simic Terlepas Setelah Tabrak Kendaraan Polisi

"Iya benar kemarin ditelpon kawan-kawan," kata Dahnil dihubungi Wartawan Selasa, (2/10/2018).

Sementara itu, Anggota Badan Komunikasi Gerindra Andres Rosiade mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang diterimanya pemukulan tersebut terjadi di dekat bandara Bandung, Jawa Barat pada 21 September 2018.

"Dari informasi yang kami terima, Iya itu di Bandung," katanya.

Baca:  Mobil Marco Simic Tabrak Kendaraan Polisi yang Sedang Kehabisan Bensin

Hanya saja Andre mengaku tidak tahu penyebab mengapa Ratna Sarumpaet dipukuli atau mendapatkan perlakuan seperti itu.

"Untuk sebab dan musababnya sebaiknya tanya saja kepada bu Ratna," pungkasnya.

Dalam foto yang diterima Tribunnews ada dua foto yang menampkan wajah Ratna Sarumpaet lebam di bagian mata dan bibir.

Ke dua foto tersebut tampak seperti di rumah sakit.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/02/ratna-sarumpaet-dikabarkan-dipukuli-orang-tidak-di-kenal-hinggawajahnya-lebam-di-bandung
Share:

0 Comments:

Post a Comment